Blog

10 Tips Membuat Lingkungan kerja yang aman

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter

Orang-orang datang bekerja untuk mencari nafkah dan berkontribusi berdasarkan keterampilan mereka. Sayangnya, mereka tidak selalu sampai di rumah dengan selamat.

Lebih dari 4.678 orang Indonesia terbunuh di tempat kerja pada 2018. Industri yang paling berbahaya adalah konstruksi, di mana jatuh sendiri merupakan 38% dari kematian.

Bagaimana Anda bisa menjaga karyawan Anda tetap aman? Baca terus untuk beberapa tips keselamatan tempat kerja yang penting. berikut ini adalah 10 tips yang mungkin berguna dalam meningkatkan lingkungan kerja yang aman, sbb :

1. Kurangi Stres dan Kelelahan

Ini mungkin bukan yang Anda harapkan dari daftar kiat keselamatan di tempat kerja, tetapi ini mungkin langkah paling vital yang dapat Anda ambil. Pekerja yang stres atau lelah akan melupakan standar keselamatan, membuat kesalahan, dan mengambil risiko lebih besar dari yang dibutuhkan.

Jika Anda dapat mengurangi stres dan kelelahan di lokasi kerja Anda, Anda dapat secara dramatis meningkatkan keamanan. Pastikan pekerja mengambil istirahat yang tepat dan tidak perlu bekerja dalam shift yang terlalu lama.

 

2. Dorong Kesadaran Lingkungan Sekitar

Karyawan perlu tahu di mana mesin dan pekerja lain setiap saat. Dengan begitu mereka dapat menghindari potensi bahaya dan tidak saling menyakiti.

Mungkin bermanfaat untuk mengatur “zona aman” di lokasi kerja atau lantai kerja tempat karyawan dapat berjalan tanpa takut ditabrak oleh mesin. Ketika semua orang mematuhi standar-standar ini, Anda bisa berharap cidera akan turun.

Manajemen juga perlu menyadari masalah keselamatan di tempat kerja. Pastikan Anda melakukan penilaian risiko kebakaran dan mengambil langkah lain sehingga Anda tahu masalah yang mungkin terjadi di tempat kerja Anda.

 

3. Pasang Tips Keselamatan Tempat Kerja dengan Jelas

Mengetahui apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat dapat menyelamatkan nyawa seseorang. Pastikan tip keselamatan di tempat kerja mudah ditemukan. Selain itu, melakukan latihan tanggap darurat dapat membantu karyawan Anda mengetahui cara tetap aman dan saling membantu dalam situasi berbahaya.

Bergantung pada tempat kerja Anda, mungkin penting untuk mengirim tanda dengan informasi berikut:

Apa yang harus dilakukan setelah tumpahan bahan kimia
Langkah yang harus diambil jika seseorang jatuh atau terluka
Lokasi kotak P3K
Lokasi keluar darurat

 

4. Mudah Melaporkan Masalah Keamanan

Salah satu masalah paling sulit dengan keselamatan di tempat kerja adalah orang yang bertanggung jawab tidak tahu tentang bahaya. Terkadang pekerja takut mendapat masalah. Di lain waktu mereka tidak yakin dengan siapa harus diajak bicara.

Mudah dan aman untuk melaporkan pelanggaran kepada manajemen. Dengan memiliki lingkungan yang positif, Anda dapat membantu memastikan bahwa tidak ada yang merasa takut untuk memberi tahu Anda tentang masalah keamanan.

 

5. Biarkan Ruang Kerja Anda Terorganisir

Kekacauan bisa menjadi perhatian utama ketika jatuh. Jika peralatan tidak dibuang setelah digunakan, atau gudang berantakan, Anda memiliki masalah keamanan yang menunggu untuk terjadi.

Pastikan segala sesuatu di area kerja memiliki tempat yang layak untuk disimpan, dan dorong karyawan untuk menyimpan barang-barang setelah selesai. Anda bahkan dapat menjadikannya menyenangkan dengan mengikuti lomba “penjemputan” lima menit setiap beberapa jam.

Orang yang memanfaatkan paling banyak mendapat 5 menit tambahan pada istirahat mereka!

 

6. Menegakkan Pemakaian Alat Pelindung

Memastikan bahwa pekerja Anda semua mengenakan alat pelindung yang diberikan kepada mereka bisa sulit. Kemudahan situasi dengan menjelaskan “apa untungnya bagi mereka.”

Anda mungkin berbagi cerita tentang insiden malang yang ingin Anda cegah. Atau, beri tahu mereka bahwa Anda ingin semua orang selamat di rumah untuk orang yang mereka cintai setiap malam.

Ketika Anda mengucapkan tip keselamatan di tempat kerja dengan cara yang menguntungkan pekerja, mereka akan lebih cenderung mengikuti aturan.

 

7. Berikan Bantuan untuk Mengangkat dan Mengangkut

Cidera punggung, leher, dan anggota tubuh bisa serius. Anda dapat kehilangan karyawan kunci tidak hanya selama berhari-hari, tetapi berbulan-bulan. Bahkan, mereka mungkin tidak akan pernah bisa kembali bekerja.

Lakukan bagian Anda untuk melindungi staf Anda dengan menyediakan peralatan yang mereka butuhkan. Seharusnya ada cukup forklift, gerobak, dan angkat meja untuk semua orang melakukan pekerjaan mereka tanpa harus menunggu tanpa perlu.

Ketika peralatan tersedia, pekerja dapat melakukan pekerjaan mereka dengan lebih aman dan efektif.

 

8. Mencegah “Pintasan”

Terkadang seorang karyawan yang memiliki masa jabatan yakin bahwa mereka telah menemukan cara yang lebih baik untuk melaksanakan pekerjaan mereka. Jika mereka benar-benar memilikinya, dengarkan saran mereka dan perbaiki proses Anda!

Namun, seringkali pintasan ini melibatkan pengabaian prosedur keselamatan atau tidak menggunakan perlindungan yang layak. Lebih buruk lagi, Anda mungkin melihat karyawan lama mengajarkan metode tidak aman ini kepada pekerja baru.

Pastikan staf Anda memahami “mengapa” di balik proses utama Anda. Mereka perlu tahu apa yang dilakukan langkah-langkah keselamatan, dan apa yang bisa terjadi jika mereka tidak mengikuti mereka.

Mintalah karyawan yang memiliki masa kerja untuk membantu mendorong proses yang tepat di lantai saat Anda tidak ada, juga.

 

9. Memiliki Kamera Keamanan

Tidak ada yang ingin merasa seperti “kakak menonton,” tetapi memiliki kamera keselamatan di bidang utama sangat penting. Anda dapat menggunakan rekaman untuk pelatihan, dan jika suatu insiden terjadi memiliki catatan sangat berharga.

Kamera juga dapat memberi tahu Anda jika peralatan tidak berfungsi sebelum menjadi bahaya besar. Anda dapat mencatat saat area berantakan atau jika prosedur yang tepat tidak diikuti.

Kunci untuk kamera keamanan dan semua pemantauan lainnya adalah menempatkan diri Anda pada tim yang sama dengan pekerja Anda. Jangan membuatnya merasa seperti mereka dimarahi atau mengumpulkan banyak kerugian. Sebaliknya, dorong mereka dan pertahankan lingkungan yang positif.

 

10. Ciptakan Budaya Keselamatan

Semua kiat keselamatan kerja di dunia tidak dapat mencegah kecelakaan jika staf Anda tidak mengikutinya. Sangat penting untuk meminta pekerja Anda ikut serta dalam proses ini.

Anda mungkin ingin menggunakan layanan ini sebagai dasar untuk pelatihan keselamatan tempat kerja Anda, dan kemudian terus menegakkannya setiap hari di tempat kerja.

Penguatan positif adalah salah satu alat terbaik yang dapat Anda gunakan di tempat kerja. Ciptakan insentif untuk keselamatan, tetapi berhati-hatilah untuk tidak mencegah pelaporan insiden. Bantu semua orang memahami bahwa keselamatan bukan tentang aturan, ini tentang hidup yang panjang dan sehat.

 

Amankan Tempat Kerja Anda!

Tidak ada yang mau kecelakaan terjadi. Saat Anda menempatkan sepuluh kiat keselamatan di tempat kerja ini, Anda akan memastikan keamanan staf Anda.

Tertarik dengan lebih banyak tips untuk membantu bisnis Anda berkembang? Lihat artikel kami tentang pemasaran digital hari ini!

Berlangganan Artikel dari kami

ketik alamat Email anda melalui form dibawah ini untuk terus mendapatkan update informasi dari kami.

Silahkan Bagikan Artikel ini !

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print
Chat Ke whatsapp kami